Lima komponen strategi bisnis

Beberapa orang mengatakan tidak, tapi kami pikir begitu.

Kami bahkan berpikir bahwa strategi bisnis yang valid terdiri dari lima komponen:

  1. Perusahaan Anda & # 39; Kompetensi inti terkini atau yang diinginkan
  2. Deskripsi tentang bagaimana Anda akan membedakan vs Pesaing
  3. Industri atau sektor di mana Anda ingin bersaing
  4. Inisiatif yang ingin Anda terapkan di bidang pemasaran, operasi, teknologi informasi, keuangan dan pengembangan organisasi
  5. Prakiraan keuangan yang menunjukkan bagaimana rencana Anda akan bertemu persyaratan pemangku kepentingan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan

Mari kita lihat masing-masing komponen ini .

Bagian pertama dari strategi bisnis yang valid adalah deskripsi yang jelas tentang kompetensi inti saat ini atau yang diinginkan perusahaan Anda.

Anda mungkin berpikir: "Hebat, tapi apa inti masalahnya?" kompetensi? "& # 39; Meskipun ada banyak definisi, berikut ini adalah definisi yang bagus dari Wikipedia: [19099012]" Kompetensi ACore adalah sesuatu yang dapat dilakukan perusahaan dengan baik dan memenuhi tiga syarat berikut:

  • Menawarkan manfaat bagi konsumen
  • ] Tidak mudah bagi pesaing untuk meniru
  • Hal ini dapat digunakan di banyak produk dan pasar yang berbeda.

Kompetensi inti dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk pengetahuan teknis / profesional, proses yang andal dan / atau hubungan dekat dengan pelanggan dan pemasok, juga dapat mencakup pengembangan atau budaya produk, seperti dedikasi karyawan. "

Misalnya, kita dapat mengatakan bahwa Southwest Airlines adalah maskapai penerbangan andal yang menawarkan tarif rendah. Tetapi untuk menawarkan manfaat itu, ia harus memiliki kemampuan utama tertentu & # 39; kompetensi inti & # 39; yang memungkinkan untuk Kami percaya bahwa Southwest Airlines memiliki empat kompetensi inti yang berkinerja sangat baik sehingga secara teratur mengungguli semua maskapai penerbangan AS lainnya dalam hal keuntungan.

Kompetensi inti ini adalah: [19659011] Biaya pengoperasian terendah dengan pesawat

  • Jaringan bandara point-to-point yang ekonomis
  • Budaya fanatik yang berfokus pada layanan pelanggan dan penghematan biaya [diudaralebihbanyakdaripesaingsehari-hari
  • Maskapai penerbangan Southwest tidak dapat menawarkan manfaat dari harga rendah dan layanan yang andal jika mereka tidak menguasai kompetensi inti ini Apa manfaat penting yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda? Kompetensi inti apa yang perlu Anda kuasai agar dapat mewujudkannya?

    Komponen kedua dari strategi bisnis yang valid adalah deskripsi tentang bagaimana Anda membedakan dari pesaing.

    Dalam pengalaman kami, diferensiasi adalah tentang menjadi yang terbaik dalam sesuatu. Ini harus dirangkum dalam misi Anda: apa ambisi perusahaan Anda dan bagaimana Anda akan mengalahkan pesaing? Kami baru saja mendiskusikan bagaimana Southwest Airlines membedakan: apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan yang akan memastikan bahwa mereka memilih produk atau layanan Anda sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda?

    Dibutuhkan banyak upaya untuk menemukan jawaban yang baik untuk pertanyaan ini dan bahkan lebih banyak pekerjaan untuk membuat perbedaan itu nyata. Kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa Southwest adalah maskapai penerbangan murah terbaik di AS, tetapi sangat sulit bagi mereka untuk melakukannya.

    Komponen ketiga dari strategi bisnis yang valid adalah deskripsi industri atau industri tempat Anda berkompetisi.

    Anda harus dapat mendefinisikan bisnis seperti apa Anda – apakah Anda produsen furnitur? Toko untuk kartu hadiah? Perusahaan konsultan, distributor bantalan, importir mainan, dll? Langkah ini kedengarannya mudah, tetapi kami perhatikan bahwa perusahaan seringkali sangat khawatir sehingga mereka terlalu terbatas dalam fokus mereka sehingga mereka tidak begitu jelas tentang apa yang ingin mereka lakukan. Perusahaan dengan strategi bisnis yang baik akan mempertimbangkan masalah ini dan membuat keputusan sulit yang diperlukan untuk mengklarifikasi identitasnya. Jika demikian, dapat dengan mudah lulus uji lakmus untuk mengidentifikasi sektor atau industri di mana ia beroperasi.

    Bagian keempat dari strategi bisnis adalah serangkaian inisiatif yang ingin Anda terapkan di bidang pemasaran, operasi, teknologi informasi, keuangan, dan pengembangan organisasi.

    Ini adalah rencana yang akan mengarahkan fokus dan alokasi perusahaan Anda ke perusahaan Anda di tahun-tahun mendatang. Jika strategi bisnis Anda cukup spesifik untuk menjadi relevan, Anda memiliki rencana terperinci di semua bidang ini.

    Bagian kelima dari strategi bisnis adalah rencana keuangan yang memprediksi hasil yang Anda harapkan dari rencana Anda dan menggambarkan bagaimana mereka akan memenuhi persyaratan pemangku kepentingan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan.

    Proses perencanaan strategis Anda tidak dapat dipisahkan dari proses anggaran tahunan Anda. Di sebagian besar perusahaan, jika tidak ada dalam anggaran, itu tidak ada. Itu sebabnya Anda harus memiliki orang keuangan yang sangat senior di tim perencanaan strategis Anda, lebih disukai CFO. Selama proses perencanaan, tim Anda harus menyetujui rencana keuangan yang memperkirakan hasil penerapan strategi Anda. Rencana ini harus mendapatkan persetujuan manajemen dan manajemen perusahaan Anda dan harus ditinjau secara teratur untuk mengikuti hasil dan melakukan penyempurnaan.

    Jadi – itu adalah lima komponen strategi bisnis yang valid. Semoga sukses dengan merencanakan kesuksesan Anda. Dan sukses karena Anda rencanakan.



    Source by Ian Heller