Pilihan strategis dan rencana jangka panjang

Tanyakan kepada sepuluh pebisnis tentang strategi apa, dan sebagian besar akan memberikan jawaban yang sama: Strategi adalah rencana jangka panjang. Murid-murid saya memberikan jawaban yang serupa pada hari pertama kelas manajemen strategis saya. Selain itu, banyak orang menggunakan kata tersebut untuk meningkatkan pentingnya kegiatan mereka. Seorang manajer perusahaan membual: "Saya senang karena setelah satu tahun kami telah menyelesaikan rencana lima tahun kami." Meski sulit, kami berhasil. Rencana strategisnya adalah tujuan – tujuan. Dia mempresentasikannya kepada dewan direksi dan kemudian pindah ke proyek besar lainnya. Itu bukan konsep strategi dan manajemen strategis.

Strategi adalah tentang pilihan

Saya belajar strategi saat remaja di sekolah ketika saya belajar pelajaran catur. Saya segera menemukan bahwa catur adalah permainan strategi. Setiap orang mulai dengan tujuan untuk menangkap raja orang lain. Masing-masing harus memahami nilai dan peran masing-masing bidak catur, terutama bagaimana masing-masing bergerak. Gadai memimpin satu bidang ke depan, ksatria dalam bentuk L terbalik, uskup berjalan secara diagonal ke sebanyak mungkin ruang terbuka berturut-turut, Ratu ke ruang yang tersedia secara berurutan di setiap arah.

Anda tidak dapat bermain catur secara acak; tetap fokus pada tujuan Anda. Untuk setiap gerakan, pertimbangkan bagaimana pemain lain dapat bereaksi dan mempertimbangkan kemungkinan serangan balik. Jika lawan bergerak secara tidak terduga, Anda harus meninjau pendekatan keseluruhan Anda.

Apa strategi dalam catur? Ini adalah pilihan Anda untuk mencapai tujuan Anda untuk mengalahkan pesaing Anda. Singkatnya strategi itu: pilihan untuk mencapai tujuan Anda. Dan strategi tidak statis, tetapi dinamis. Setelah Anda menentukan pendekatan keseluruhan (strategi) untuk menangkap raja lawan Anda, jika dia membuat langkah yang tidak terduga, tinjau strategi Anda dan sesuaikan sesuai kebutuhan. Jangan pernah memilih rencana permainan sampai sekakmat raja dan mengikutinya secara membabi buta, ubah jika perlu. Pelajari pola lawan (masa lalu) dan gunakan ini (sekarang) untuk mengembangkan pendekatan keseluruhan Anda (masa depan). Juga tidak pernah melakukan "rencana strategis" dan menyerahkannya. Perbarui untuk mencerminkan pilihan yang tersedia saat ini untuk memenuhi misi perusahaan.

Strategi dan pilihan negatif

Selama karier 32 tahun saya, saya belajar tiga pelajaran berharga tentang strategi. Pertama, strategi ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan sumber daya secara optimal. Kedua, jika Anda mengalokasikan sumber daya ke satu area, Anda menolak area lain untuk sumber daya tersebut. Ini penting untuk diingat. Meskipun jelas, kita kadang-kadang tidak menghabiskan cukup waktu untuk melihat pilihan negatif ini.

Pelajaran penting ketiga adalah bahwa beberapa pilihan tidak akan berubah seperti yang diharapkan dan tidak dapat dibalikkan dalam jangka pendek hingga menengah. Ketika ini terjadi, jika Anda telah melakukan kesalahan, akui saja, lihat pilihan yang tersedia lebih awal dan pahami bahwa ini adalah bagian dari perjalanan strategis. Anda tidak membuat setiap keputusan dengan benar. Strategi tidak statis, tetapi dinamis.



Source by Michel A. Bell